Monday, November 3, 2014

Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

By maderock   Posted at  10:38:00 PM   Koperasi No comments

Peran Koperasi dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat
Setiap orang dewasa dapat menjadi anggota sebuah koperasi.

Keanggotaan koperasi bersifat terbuka dan sukarela. Terbuka artinya anggota koperasi terbuka bagi siapa saja sesuai dengan jenis koperasinya.
Keanggotaan koperasi tidak membedakan suku, derajat maupun agama.

Sukarela artinya keanggotaan koperasi tidak atas paksaan. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama.
Sesuai dengan pengertian koperasi bahwa koperasi merupakan kegiatan ekonomi yang berasaskan kekeluargaan. Maka tujuan utama koperasi adalah untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Dengan adanya koperasi anggota yang membutuhkan kebutuhan pokok dapat membeli di koperasi dengan harga yang lebih murah. Anggota yang membutuhkan pinjaman modal usaha dapat meminjam di koperasi. Dengan demikian para anggota dapat terbebas dari rentenir yang meminjamkan uang dengan bunga yang sangat tinggi. Bagi anggota yang memiliki hasil produk tertentu juga dapat menjualnya di koperasi. Demikian pula para petani di desa juga dapat terhindar dari tengkulak yang membeli hasil panen dengan harga seenaknya.
Dapatkah koperasi mendapatkan untung? Tentu saja dapat.
Keuntungan koperasi bisa diperoleh antara lain dari laba penjualan dan jasa peminjaman. Meskipun koperasi tidak mengambil laba penjualan atau jasa peminjaman yang besar. Namun apabila koperasi berjalan dengan lancar keuntungan koperasi pun bisa menjadi besar pula. Untuk siapa keuntungan yang diperoleh koperasi? Keuntungan koperasi akan dikembalikan kembali kepada anggota sebagai SHU (Sisa Hasil Usaha).
Tentu saja setelah dikurangi biaya-biaya operasional. Pembagian keuntungan atau sisa hasil usaha ini dibagi secara adil sehingga tidak ada yang dirugikan.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa koperasi memiliki peran yang besar di masyarakat. Jika banyak orang yang dapat mengambil kemanfaatan koperasi maka ekonomi masyarakat pun akan kuat. Oleh karena itu tak heran jika koperasi disebut sebagai soko guru atau tiang utama perekonomian di Indonesia.
Meski demikian koperasi di Indonesia masih banyak kelemahannya.
Meskipun juga telah memiliki beberapa kelebihan. Kita perlu tahu kelebihan dan kelemahan koperasi di Indonesia. Dengan mengetahui hal tersebut, kita dapat belajar bagaimana memanfaatkan kelebihannya, dan bagaimana mengatasi kelemahannya. Hal ini bertujuan agar koperasi benar-benar menjadi badan usaha yang melindungi dan mengayomi masyarakat.



Mengelolah Koperasi


Perkembangan Teknologi
Televisi, telepon atau HP dan pesawat terbang merupakan sebagian alat canggih yang ada di zaman sekarang. Zaman dulu orang tidak dapat membayangkan untuk dapat melihat gambar yang bergerak, dapat berbicara dengan orang lain yang letaknya sangat jauh, atau terbang di udara. Barangkali hanya sebatas mimpi. Sekarang semua itu telah menjadi kenyataan. Perkembangan teknologi telah mewujudkan impian itu.
Manusia memang dikarunia akal oleh Tuhan. Dengan akalnya itu ia dapat berpikir dan menciptakan sesuatu yang dapat mempermudah aktivitas dan pekerjaannya. Sekarang telah tercipta begitu banyak peralatan canggih. Banyak kegiatan dilakukan hanya dengan pencet dan putar. Butuh air tinggal memutar kran, butuh lampu tinggal pencet saklar, ingin nonton tivi tinggal pencet tombol.
Zaman dulu orang pergi ke luar negeri membutuhkan waktu berbulan-bulan dengan kapal layar. Sekarang dengan naik pesawat terbang hanya butuh waktu beberapa jam saja. Bahkan dengan pesawat jet kita dapat mengitari bumi hanya dalam hitungan jam.
Nah, apa sebenarnya yang dimaksud dengan teknologi? Bagaimana perkembangan teknologi dari zaman dulu hingga sekarang? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini marilah kita ikuti terus pembahasan berikut.

A. Pengertian Teknologi
Istilah teknologi tentu tidak asing bagi kita. Teknologi merupakan ilmu yang menggali berbagai ilmu terapan. Teknologi juga sering dipakai untuk menyebut berbagai jenis peralatan yang mempermudah hidup kita. Jadi teknologi dapat beruwujud ilmu dapat pula berupa peralatan.
Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia melakukan suatu kegiatan atau pekerjaan. Dengan teknologi pekerjaan yang dulunya membutuhkan tenaga yang besar, sekarang bisa dilakukan dengan tenaga kecil. Dengan teknologi pula pekerjaan yang dulunya membutuhkan waktu lama, sekarang hanya butuh waktu yang sangat singkat.

Teknologi banyak sekali jenisnya. Di antaranya sebagai berikut :
1. Teknologi peralatan rumah tangga
Contoh teknologi peralatan rumah tangga adalah lampu, jam dinding, mesin cuci, mesin penghisap debu, kompor gas, kipas angin, pemotong rumput dan lain sebagainya.
2. Teknologi produksi
Contoh teknologi produksi adalah mesin traktor, mesin pemintal benang, mesin penggiling padi, mesin pemotong kayu dan lain sebagainya.
3. Teknologi transportasi
Contoh teknologi transportasi adalah sepeda motor, kereta api, mobil, kapal laut dan pesawat terbang.
4. Teknologi komunikasi
Contoh teknologi komunikasi adalah radio, televisi, telepon dan internet.


Pengorbanan Ilmuwan
Teknologi diciptakan manusia, ada yang secara sengaja, ada pula yang tidak sengaja ditemukan. Dalam menciptakan suatu temuan, tidak jarang para ilmuwan harus berkorban. Baik waktu, harta, bahkan jiwa. Kadang ada yang harus melewati percobaan berpuluh-puluh kali. Ada pula yang temuannya dianggap aneh sehingga ia dikucilkan dan diusir masyarakat.
Ada beberapa ilmuwan yang meninggal pada saat melakukan percobaan. Contohnya adalah Merry Curry yang meninggal akibat zat kimia beracun di laboratorium rumahnya. Merry Curry adalah penemu zat mercury yang sangat bermanfaat untuk lampu penerangan di jalan raya. Contoh lain adalah Otto Lilienthal yang meninggal ketika melakukan percobaan penerbangan. Dialah orang yang mempelopori penemuan pesawat terbang modern, dengan menciptakan pesawat sederhana. Sumber: Ensiklopedi Bocah Muslim


B. Perkembangan Teknologi
Teknologi bukanlah hasil simsalabim atau hasil sulap yang sekejap mata bisa muncul. Teknologi merupakan hasil ciptaan yang membutuhkan proses yang panjang. Tahukah kamu, dari ditemukannya roda sampai diciptakannya pesawat manusia perlu waktu 8000 tahun! Lama sekali bukan! Perkembangan teknologi yang begitu cepat baru terjadi pada abad 20-21.

Bagaimana perkembangan teknologi dari masa lalu hingga sekarang? Bagaimana pula perbedaan teknologi masa lalu dengan masa kini? Marilah kita ikuti terus pembahasan berikut. Di kelas empat ini kita cukup mempelajari perkembangan teknologi produksi, transportasi dan komunikasi.

1. Perkembangan Teknologi Produksi
Teknologi produksi merupakan alat dan cara yang digunakan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa. Masyarakat pada masa lalu sudah dapat memanfaatkan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Namun, teknologi yang digunakannya masih sangat sederhana. Dengan menggunakan alat sederhana, memerlukan tenaga besar dan hasilnya pun terbatas.
Ketika ilmu pengetahuan berkembang maka berkembang pula teknologi. Alat-alat yang memudahkan pekerjaan manusia banyak ditemukan. Alat-alat tersebut sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan manusia. Dengan alat yang lebih modern pekerjaan dapat diselesaikan lebih cepat, ringan, dan hasilnya pun lebih banyak.
a. Jenis teknologi produksi masa lalu dan masa kini

b. Membuat diagram alur proses produksi
Untuk menjadi suatu barang yang siap pakai membutuhkan suatu proses. Proses tersebut ada yang pendek ada yang sangat panjang dan melewati banyak tahapan. Misalnya untuk mendapatkan sepiring nasi siap santap membutuhkan proses yang panjang.

c. Satu bahan menghasilkan beragam produk
Pernahkah kamu makan tempe? Dari mana tempe berasal? Tempe berasal dari kedelai yang diolah. Tahukah kamu makanan lain yang bahan utamanya kedelai juga? Selain tempe, kedelai juga dapat diolah menjadi makanan lain seperti tahu, kecap, susu, dan keripik.
Dalam proses produksi satu bahan dapat diolah menjadi beberapa barang produksi. Selain kedelai, contoh lain adalah kayu. Kayu dapat dibuat menjadi perabot rumah tangga seperti meja, kursi, almari, tempat tidur.
Selain itu kayu juga dapat dibuat menjadi kertas, kerangka pensil dan mainan.

Dengan kreativitas yang dimilikinya, manusia berusaha membuat beragam produk dari suatu bahan. Dengan demikian kemanfaatan suatu bahan juga semakin banyak.


2. Perkembangan Teknologi Komunikasi

3. Perkembangan Teknologi Transportasi 

C. Kelebihan dan Kekurangan Teknologi
Kelemahan teknologi masa kini menjadi koreksi kita bersama. 




About the Author

Catatan Simade adalah sekumpulan Catatan Menarik dan Mendidik yang dibagikan secara gratis
Lihat semua post saya: Catatan Simade

0 comments:

Pergunakanlah kolom komentar dibawah ini dengan sebaik-baiknya. Ingat sesuatu yang baik akan berdampak baik kepada kita dikemudian hari @catatansimade.blogspot.com

Back to top ↑
Dapatkan Info Terbaru

What they says

"Ilmu lebih berharga dari pada uang, memang betul. Tapi ilmu bisa menjerumuskan jika tak bisa menggunakan keharusannya, dan kenapa masih takut untuk berbagi ilmu?"
Catatan Si Made

Kunjungan

© 2013 Catatan SiMade. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.