KOMUNIKASI
WAKTU: 1 Sesi @ 90 menit
TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM
Peserta memahami pentingnya komunikasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai perawat dan bidan.
TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS
1. Peserta dapat mengidentifikasi proses komunikasi
2. Peserta dapat mengidentifikasikan bentuk-bentuk komunikasi
3. Peserta dapat melakukan komunikasi dengan baik.
MATERI
3. Proses dan Dasar Komunikasi
4. Jenis dan Bentuk Komunikasi
METODA
1. Kuliah Singkat
2. Curah Pendapat
3. Kerja Kelompok
4. Diskusi Pleno
RENCANA PEMBELAJARAN
SESI I | ||
BAGIAN A | ||
Topik Metoda Waktu | : : : | Pemahaman proses komunikasi untuk meningkatkan pelayanan Perawat dan Bidan Kuliah singkat 30 menit |
BAGIAN B | ||
Topik Metoda Waktu | : : : | Diskusi Kelompok Kerja Kelompok 30 menit |
BAGIAN C | ||
Metoda Waktu | : : | Presentasi Hasil Diskusi 30 menit |
EVALUASI
- Sebutkan tiga pengertian komunikasi yang anda ketahui !
- Sebutkan tujuan komunikasi !
- Jelaskan proses komunikasi !
- Jelaskan komunikasi non verbal yang mempengaruhi isi pesan yang disampaikan!
- Sebutkan faktor penghambat dalam berkomunikasi.
KEPUSTAKAAN
Ann Marriner,Tomey, Guide to Nursing management and Leadership, Mosby year book Inc 1996
Elaine.L.Monica, Kepemimpinan dan Management Keperawatan ,pendekatan berdasarkan pengalaman, Penerbit buku kedokteran EGC 1998
Roger. B. Ellis Robert,J Gates and Neil kenwarthy, Interpersonal communication in Nursing Theory and Practice, Churcill Livingstone, 1995
PENUGASAN
- Kelas dibagi menjadi empat (4) kelompok
- Masing-masing kelompok memilih ketua kelompok.
- Ketua kelompok menugaskan anggota kelompoknya untuk berpasang-pasangan. Masing-masing menanyakan kepada pasangannya tentang :
- Keluarga (anak, istri/suami dll)
- Rencana masa depan, termasuk rencana yang berkaitan dengan SPMKK dan tidak boleh dibuat catatan.
- Setelah itu saling bergantian (10 menit).
- Setelah itu masuk dalam kelompok kecil dan menceritakan apa yang dia peroleh dari pasangannya (pasangannya tidak boleh berkomentar sebelum selesai penyampaian).
- Setelah selesai baru diklarifikasi oleh yang bersangkutan (YBS).
- Terakhir diskusikan apa yang dapat anda peroleh dari permainan diatas
- Catatan untuk fasilitator :
- Metoda ini untuk melihat :
a. Apakah seseorang dapat menjadi seorang pendengar yang baik
b. Apakah seseorang dapat menyampaikan informasi dengan jelas
- Setelah itu sampaikan “10 Ciri-Ciri Pendengar yang Baik”
KESIMPULAN
Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi melibatkan seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar
0 comments:
Pergunakanlah kolom komentar dibawah ini dengan sebaik-baiknya. Ingat sesuatu yang baik akan berdampak baik kepada kita dikemudian hari @catatansimade.blogspot.com