Wednesday, June 6, 2012

Contoh Materi Pelatihan KOMUNIKASI Perawat dan Bidan

By maderock   Posted at  6:38:00 PM   Psikologi No comments

KOMUNIKASI


WAKTU: 1 Sesi @ 90 menit


TUJUAN INSTRUKSIONAL UMUM

Peserta memahami pentingnya komunikasi dalam melaksanakan tugas sehari-hari sebagai perawat dan bidan.

TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUS

1.      Peserta dapat mengidentifikasi proses komunikasi
2.      Peserta  dapat mengidentifikasikan bentuk-bentuk komunikasi
3.      Peserta dapat melakukan komunikasi dengan baik.

MATERI

2.      Tujuan Komunikasi
3.      Proses dan Dasar Komunikasi
4.      Jenis dan Bentuk Komunikasi
5.      Hambatan Komunikasi

METODA

1.      Kuliah Singkat
2.      Curah Pendapat
3.      Kerja Kelompok
4.      Diskusi Pleno


RENCANA PEMBELAJARAN

SESI  I
BAGIAN  A
Topik

Metoda
Waktu
:

:
:
Pemahaman proses komunikasi untuk meningkatkan pelayanan Perawat dan Bidan
Kuliah  singkat
30 menit

BAGIAN  B
Topik
Metoda
Waktu
:
:
:
Diskusi Kelompok
Kerja Kelompok
30 menit

BAGIAN  C
Metoda
Waktu
:
:
Presentasi Hasil Diskusi 
30 menit



EVALUASI
  1. Sebutkan tiga  pengertian komunikasi  yang anda ketahui !
  2. Sebutkan tujuan komunikasi !
  3. Jelaskan proses komunikasi !
  4. Jelaskan komunikasi non verbal yang mempengaruhi isi pesan yang disampaikan!
  5. Sebutkan faktor  penghambat dalam berkomunikasi.

KEPUSTAKAAN

Ann Marriner,Tomey, Guide to Nursing  management and Leadership, Mosby year book Inc 1996

Elaine.L.Monica, Kepemimpinan dan Management Keperawatan ,pendekatan berdasarkan pengalaman, Penerbit buku kedokteran EGC 1998

Roger. B. Ellis Robert,J Gates and Neil kenwarthy, Interpersonal communication in Nursing Theory and Practice, Churcill Livingstone, 1995 


PENUGASAN

  1. Kelas dibagi menjadi empat (4)  kelompok
  2. Masing-masing kelompok memilih ketua kelompok.
  3. Ketua kelompok menugaskan anggota kelompoknya untuk berpasang-pasangan. Masing-masing menanyakan kepada pasangannya tentang :
-          Keluarga (anak, istri/suami dll)
-          Pendidikan
-          Tempat kerja
-          Rencana masa depan, termasuk rencana yang berkaitan dengan SPMKK dan tidak boleh dibuat catatan.
  1. Setelah itu saling bergantian (10 menit).
  2. Setelah itu masuk dalam kelompok kecil dan menceritakan apa yang dia peroleh dari pasangannya (pasangannya tidak boleh berkomentar sebelum selesai penyampaian).
  3. Setelah selesai baru diklarifikasi oleh yang bersangkutan (YBS).
  4. Terakhir diskusikan apa yang dapat anda peroleh dari permainan diatas
  5. Catatan untuk fasilitator :
-          Metoda ini untuk melihat :
a.       Apakah seseorang dapat menjadi seorang pendengar yang baik
b.      Apakah seseorang dapat menyampaikan informasi dengan jelas
-          Setelah itu sampaikan “10 Ciri-Ciri Pendengar yang Baik”



KESIMPULAN


Komunikasi dirumuskan sebagai suatu proses penyampaian pesan/informasi diantara beberapa orang. Karenanya komunikasi  melibatkan  seorang pengirim, pesan/informasi saluran dan penerima pesan yang mungkin juga memberikan umpan balik kepada pengirim untuk menyatakan bahwa pesan telah diterima. Komunikasi adalah suatu yang sangat penting dalam kehidupan manusia karena manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dalam berkomunikasi seseorang harus memiliki dasar 


About the Author

Catatan Simade adalah sekumpulan Catatan Menarik dan Mendidik yang dibagikan secara gratis
Lihat semua post saya: Catatan Simade

0 comments:

Pergunakanlah kolom komentar dibawah ini dengan sebaik-baiknya. Ingat sesuatu yang baik akan berdampak baik kepada kita dikemudian hari @catatansimade.blogspot.com

Back to top ↑
Dapatkan Info Terbaru

What they says

"Ilmu lebih berharga dari pada uang, memang betul. Tapi ilmu bisa menjerumuskan jika tak bisa menggunakan keharusannya, dan kenapa masih takut untuk berbagi ilmu?"
Catatan Si Made

Kunjungan

© 2013 Catatan SiMade. WP Mythemeshop Converted by Bloggertheme9
Blogger templates. Proudly Powered by Blogger.